Cara mengatur Desain Dapur Agar Tampak Lebih Indah

Cara mengatur Desain dapur agar tampak lebih indah

Posisi dapur yang berada di bagian belakang rumah membuat dapur menjadi bagian rumah yang tidak terurus. Namun hal ini tentunya akan memperburuk suasana rumah, untuk itu kondisi dapur harus diperhatikan mulai saat ini.

Dimulai dari kebersihannya hingga desain dapur yang digunakan agar tampak lebih cantik. Pasalnya dapur adalah tempat bagi ibu-ibu untuk mengkreasikan hasil makanan yang siap di makan.

Untuk membuat desain dapur yang menarik tentunya dalam penataan ruangannya haruslah tepat agar dapur yang sepit tidak terlihat penuh dan sempit. Sehingga saat di pandang akan merasa betah. Dan Anda juga dalam mengolah makanan menjadi lebih semangat.

Adapun cara untuk desain dapur menjadi dapur yang cantik sebagai berikut.

1. Tentukan bentuk dapur yang diinginkan

Jika rumah yang Anda tempati merupakan rumah mewah maka Anda bisa menggunakan bentuk dapur yang luas dan mewah. Untuk dapur yang mewah, Anda bisa menggunakan perabotan yang lebih besar serta alat-alat untuk memasak yang lebih cantik.

Selain itu pemilihan kompor yang digunakan juga bisa yang lebih cantik dan mudah untuk dibersihkan.

Namun jika rumah yang Anda tempati adalah minimalis sebaiknya buatlah dapur dengan bentuk yang minimalis namun tetap indah. Tentukan luas dapur yang akan digunakan, serta tentukan dimana letak kitchen set akan diletakkan di dapur dan perabot apa saja yang akan diletakkan di dapur.

Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan tatanan dapur. Meletakkan ventilasi udara di tas dapur juga sangat penting, hal ini bertujuan agar dapur terlihat terang dan tidak pengap. Sehingga sirkulasi udara yang masuk akan lebih lancar.

2. Mengatur perabot

Untuk dapur minimalis pilihan perabot yang akan digunakan di dapur sebaiknya berbentuk minimalis pula. Hal ini bertujuan agar dapur tidak terlihat sesak dan penuh. Anda bisa meletakkan kulkas di samping kanan atau kiri tempat memasak. Namun usahakanlah bahwa perabotan yang digunakan tidak mengganggu aktivitas memasak.

Untuk dapur minimalis gunakan rak piring yang kecil saja agar dapur tidak terlihat penuh. Perlu diperhatikan pula untuk perabotan masak sebaiknya di tata yang rapi. Jika perabotan yang tidak digunakan atau mau disimpan dan hanya digunakan sewaktu-waktu saja maka jangan letakkan perabotan tersebut di dapur.

3. Memasang lemari di bagian atas dinding

Cara desain dapur juga bisa dengan memasang lemari gantung yang diletakkan di bagian atas tempat memasak. Lemari ini dapat digunakan untuk menyimpan perabotan dapur. Bahan makanan yang kering seperti mie instan, ataupun untuk tempat gula dan bumbu dapur lainnya.

Dengan memanfaatkan bagian kosong ini mampu mempercantik dapur. Selain itu dengan menggunakan lemari gantung maka dapur akan terlihat lebih luas.

Menggunakan lemari gantung juga akan mempermudah mencari barang yang akan digunakan untuk memasak. Pilihlah lemari gantung yang memiliki panjang yang sama dengan panjang kitchen set yang dipasang di dapur.

4. Memilih cat dinding

Perlu diperhatikan cat dinding yang akan digunakan untuk dapur. Ini penting dalam desain dapur agar tampak lebih cantik. Sebaiknya pilihlah warna cat dinding yang berwarna netral agar dapur tampak lebih terang. Atau Anda juga bisa menggunakan warna cat dinding yang cerah agar suasana dapur lebih ceria saat digunakan untuk memasak.

Pastikan tidak menggunakan warna yang gelap pada bagian dapur, hal ini karena dalam memasak memerlukan pencahayaan yang cukup.

Atau Anda juga bisa menambahkan keramik pada bagian dinding dengan corak seperti buah dan sayur yang dapat memberikan kesan bahwa ruangan ini adalah dapur.

5. Menggabungkan dapur dengan ruang makan

Dalam membuat desain dapur Anda juga bisa menggabungkan antara dapur dengan meja makan. Hal ini khusus bagi Anda yang tidak memiliki ruang makan. Meja makan sebaiknya diletakkan di tengah dapur agar kesannya lebih indah saat dilihat.

Mengatur dapur dengan desain dapur yang pas tentunya akan membuat dapur tampak lebih indah saat di pandang. Sehingga Anda dalam memasak akan merasa lebih betah. Setelah memiliki dapur yang indah yang perlu diperhatikan adalah dengan selalu menjaga kebersihan dan kerapian dapur. Hal ini agar dapur tidak terasa sesak dan penuh saat dilihat.