Ciri-ciri Perumahan Baru Di Bandung Yang Sehat

Ciri-ciri Perumahan Baru Di Bandung Yang Sehat

Perumahan baru di Bandung merupakan struktur fisik bangunan terdiri dari ruangan, halaman serta area sekitarnya yang digunakan sebagai tempat tinggal ataupun sarana pembinaan untuk keluarga.

Rumah yang sehat adalah bangunan sebagaimana tempat berlindung dan beristirahat untuk Anda dan keluarga. Selain itu, rumah juga sebagai sarana pembinaan untuk keluarga yang menumbuhkan kehidupan secara sehat dari berbagai aspek seperti fisik, mental dan sosial.

Dengan kehidupan yang sehat seluruh anggota keluarga bisa bekerja secara produktif. Bagi sebagian besar orang, rumah merupakan tempat berkumpul untuk semua anggota keluarga dan digunakan untuk menghabiskan sebagian besar waktunya, sehingga pada hal ini kondisi kesehatan rumah bisa berperan sebagai media dari penularan penyakit dari anggota keluarga atau tetangga di sekitarnya.

Penyakit yang mungkin menjangkiti diantaranya adalah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan tuberkulosis yang sangat erat kaitannya dengan kondisi sanitasi rumah yang kurang sehat. Sehingga jika rumah kotor atau tidak sehat rentan sekali penyakit-penyakit tersebut bisa menjangkiti seluruh isi rumah.

Atau mungkin perumahan menyediakan air bersih dan sanitasi dari lingkungan yang kurang memenuhi syarat. Hasilnya faktor tersebut menjadi faktor risiko pada penyakit diare.

Berikut adalah ciri perumahan baru di Bandung yang sehat untuk bisa Anda huni bersama keluarga.

1. Bahan bangunan

Ciri dari perumahan baru di Bandung yang sehat dapat dilihat dari bahan bangunan yang digunakan untuk membangun rumah tersebut.

Bahan bangunan harus memiliki dua sifat yaitu tidak terbuat dari bahan yang bisa melepaskan beberapa zat-zat yang mampu membahayakan kesehatan dan sifat yang kedua adalah terbuat dari bahan yang bisa menjadi tempat tumbuh kembangnya mikro organisme pengganggu.

Kriteria bahan yang tidak terbuat dari bahan yang bisa melepaskan berbagai zat membahayakan tubuh adalah sebagai berikut debu total tidak melebihi dari ukuran 150 µg/m3, jenis asbes bebas tidak melebihi ukuran 0,5 fiber/m3 / 4jam, bahan timah hitam tidak melebihi ukuran 300 miligram/kg.

Sedangkan untuk kriteria sifat bahan yang bisa menjadikan tempat untuk tumbuh kembang biaknya mikro organisme pengganggu adalah sebagai bahan yang tidak akan ditumbuhi oleh mikro organisme pathogen.

2. Komponen penataan ruang rumah

Komponen dari perumahan baru di Bandung harus sudah memenuhi semua persyaratan fisik maupun persyaratan biologis yang bisa dijelaskan sebagai berikut lantai harus kedap dari air dan mudah untuk di bersihkan.

Untuk komponen dinding pada dinding ruang keluarga dan kamar tidur harus dilengkapi dengan beberapa sarana ventilasi agar pengaturan sirkulasi udara bisa normal. Dan dinding pada kamar mandi serta tempat cuci harus buat kedap air dan mudah untuk dibersihkan

Komponen langit-langit wajib mudah untuk dibersihkan dan bukan langit-langit yang rawan kecelakaan. Komponen bumbung rumah harus memiliki tinggi 10 meter atau lebih dan dilengkapi dengan penangkal petir.

Komponen ruang di dalam rumah harus bisa ditata supaya berfungsi untuk beberapa ruangan yaitu ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, ruang tidur, ruang dapur, dan ruang mandi serta ruang bermain anak. Komponen di ruang dapur wajib dilengkapi dengan beberapa sarana pembuangan asap.

3. Pencahayaan atau Penerangan yang cukup.

Matahari adalah sumber utama pencahayaan utama perumahan baru di Bandung ketika siang hari. Pencahayaan yang dimaksud adalah dengan ketentuan cuaca tersebut masih dalam keadaan cerah dan tidak berawan sehingga ruangan kegiatan dalam rumah akan mendapatkan cahaya yang cukup banyak.

Ruang kegiatan yang telah mendapatkan atau menerima distribusi atau penyaluran cahaya dengan merata. Sedangkan kualitas hasil pencahayaan yang alami di siang hari yang merambat atau masuk langsung ke sebuah ruangan bisa ditentukan oleh beberapa hal sebagai berikut:

  • Kegiatan yang memang membutuhkan daya penglihatan (mata),
  • Lamanya waktu kegiatan yang dibutuhkan untuk daya penglihatan (mata),
  • Tingkat maupun gradasi kekasaran serta kehalusan dari jenis pekerjaan,
  • Lubang cahaya terendah sepersepuluh dari luas lantai ruangan,
  • Sinar matahari bisa masuk ke ruangan minimal 1 (satu) jam setiap hari, cahaya yang efektif bisa diperoleh pada jam 08.00 hingga jam 16.00.

4. Sirkulasi Udara Yang Baik.

Dalam sebuah perumahan baru di Bandung memerlukan adanya ventilasi agar ada pergantian udara. Karena udara adalah faktor yang terpenting. Dengan dibuatnya sirkulasi udara maka secara terus menerus bisa meminimalisir adanya kelembaban udara di dalam rumah sehingga membuat pernafasan segar.

Usahakan pada pembangunan rumah selalu memperhatikan akan pentingnya pemasangan pintu jendela, bouvenrooster, dan lainnya sesuai standar, dengan tujuan untuk menjamin adanya sirkulasi udara yang baik.

Jangan pernah lupa pula akan pentingnya tanaman pada sekitar rumah, karena keberadaan pepohonan dan juga tanaman di sekitar rumah Anda adalah suatu hal yang penting.

Namun selalu perhatikan pula jenis tanaman yang cocok serta sesuai dengan kebutuhan lingkungan Anda. Jika saja memungkinkan, maka pilih lokasi rumah yang jauh dari berbagai pencemaran pabrik atau lainnya.

5. Kualitas air yang memadai.

Sebelum membangun atau membeli perumahan baru di Bandung, akan lebih baik jika Anda memilih lokasi yang terjamin dari ketersediaan air. Kualitas dari air tanah serta air minum untuk keluarga harus baik dan memenuhi persyaratan kesehatan, baik itu dari air dari PDAM maupun sumur.

Pastikan bahwa air yang digunakan ini aman dan higienis, baik serta layak minum atau layak di konsumsi. Jumlah air harus tersedia dengan jumlah yang cukup, apabila harus membeli maka usahakan harga yang ditawarkan relatif murah.

6. Limbah

Limbah rumah tangga sangat beragam, biasanya ada 2 jenis limbah yaitu limbah cair dan juga limbah padat. Limbah cair adalah limbah yang berasal dari rumah, dan tidak mencemari sumber air lainnya. Ciri limbah cair yang baik pada lingkungan perumahan yaitu tidak menimbulkan adanya bau dan tidak mencemari permukaan tanah.

Limbah padat yang dihasilkan dari limbah rumah tangga juga harus bisa dikelola. Pengelolaan tersebut bertujuan untuk tidak menimbulkan bau, tidak menyebabkan adanya pencemaran terhadap permukaan tanah serta air tanah.

Dengan memahami beberapa ciri perumahan baru di Bandung yang sehat maka Anda bisa memilih perumahan yang tepat untuk keluarga dan memberikan yang terbaik untuk kesehatan mereka. Karena dengan rumah yang sehat maka keberlangsungan hidup juga akan terjamin.