5 Langkah Cerdas Dalam Membeli Rumah Bekas

5 Langkah Cerdas Dalam Membeli rumah bekas

Sebagai salah satu kebutuhan pokok, setiap orang membutuhkan rumah untuk tempat tinggal. Namun karena harga rumah yang semakin hari semakin mahal maka banyak orang yang tidak bisa memilikinya.

Oleh karena itu banyak orang yang memutuskan untuk ngontrak dari pada membeli rumah. Apalagi harga rumah di kota-kota besar saat ini melambung tinggi. Nah adapun solusi agar tetap bisa memiliki rumah yaitu dengan membeli rumah bekas.

Rumah bekas bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih saat mencari rumah untuk ditinggali. Keuntungan yang di dapatkan dengan membeli rumah bekas yaitu memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan rumah baru.

Selain itu rumah bekas juga langsung siap untuk ditinggali, oleh sebab itu kini banyak orang yang lebih suka membeli rumah bekas dari pada membeli rumah baru.

Nah, bagi Anda yang sedang bingung membeli rumah, berikut ini akan dijelaskan cara cerdas membeli rumah bekas yang berkualitas.

1. Tanpa menggunakan perantara

Jika biasanya dalam membeli rumah baru Anda bisa menghubungi developer, maka untuk membeli rumah bekas sebaiknya jangan menggunakan perantara.

Dengan memilih jalan tanpa menggunakan perantara maka Anda bisa langsung menanyakan keadaan rumah kepada pemilik rumah. Selain itu tanpa menggunakan perantara juga Anda tidak perlu mengeluarkan jasa untuk membayar perantara.

Dengan tidak menggunakan perantara maka Anda bisa menanyakan hal-hal yang lebih detail lagi kepada pemilik rumah secara langsung mengenai kapan rumah dibangun, bagaimana lingkungan sekitar, bagaimana peraturan di lingkungan sekitar dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan negosiasi dengan bebas dalam proses tawar menawar.

2. Pilih broker yang tepat

Jika Anda ingin membeli rumah menggunakan perantara, maka sebaiknya pilih perantara atau broker yang tepat. Broker yang berkualitas akan memberikan pelayanan yang bagus kepada Anda. Anda akan diberikan berbagai informasi secara detail oleh broker.

Selain itu dengan menggunakan broker maka Anda juga bisa membeli rumah bekas dengan sistem pembayaran melalui KPR. Dengan begitu Anda tidak perlu memiliki uang yang banyak untuk membeli rumah. Namun dengan menggunakan broker artinya Anda harus siap untuk memberikan uang jasa kepada broker.

3. Usia bangunan

Saat membeli rumah bekas maka yang pertama harus diketahui mengenai usia rumah tersebut. Ini penting karena usia akan mempengaruhi kualitas rumah. Untuk rumah yang memiliki usia 0-10 tahun menandakan bahwa itu adalah rumah baru, dan untuk rumah dengan usia 10-20 tahun menandakan bahwa rumah itu sedang, dan untuk rumah dengan usia 20 tahun ke atas maka rumah tersebut termasuk rumah tua.

Selain menanyakan umur rumah, Anda juga perlu menanyakan apakah rumah pernah direnovasi atau tidak. Jika pernah, maka tanyakan kapan terakhir rumah direnovasi.

Dengan begitu Anda dapat mengetahui kualitas rumah tersebut. Dalam mengetahui kualitas rumah hal yang perlu diperhatikan adalah struktur bangunan, bahan bangunan dan kondisi bangunan dari atap hingga lantai semuanya perlu diperhatikan.

4. Lingkungan

Mencari tahu lingkungan yang berada di sekitar rumah bekas juga perlu diketahui. Hal ini bertujuan agar ketik Anda tinggal di rumah tersebut Anda akan mendapatkan kenyamanan.

Selain itu akses jalan jug perlu diperhatikan dalam membeli rumah bekas. Dengan memperhatikan akses jalan yang tepat maka semua itu dapat mempermudah Anda untuk bertransportasi.

5. Legalitas

Jangan Cuma melihat dari harga rumah yang murah saja dalam membeli rumah bekas. Namun memperhatikan legalitas juga sangat penting. Karena hal ini berpengaruh terhadap masa depan Anda setelah tinggal di rumah tersebut.

Pastikan rumah yang akan dibeli memiliki surat-surat yang lengkap. Dengan begitu Anda akan merasa aman jika suatu saat terjadi sengketa. Jika sudah setuju melakukan transaksi jual beli maka yang harus dilakukan adalah melakukan balik nama sertifikat rumah. Hal ini bertujuan demi keamanan dan kepentingan Anda sendiri.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan degan membeli rumah bekas. Namun, jangan hanya mencari harganya saja yang murah melainkan kualitas dari rumah juga perlu diperhatikan. Dengan menggunakan cara cerdas membeli rumah bekas di atas, ama Anda dapat menemukan rumah bekas yang sesuai dengan keinginan Anda.