Tips Memilih Pinjaman Tanpa Agunan dan Langkah-langkahnya

Tips Memilih Pinjaman Tanpa Agunan dan Langkah-langkahnya

Jika Anda sedang membutuhkan dana untuk biaya pendidikan, renovasi rumah, biaya pernikahan, biaya rumah sakit, dan sebagainya Anda bisa mengajukan kredit di bank. Saat ini Anda bisa memilih pinjaman tanpa agunan atau biasa disebut KTA (Kredit tanpa agunan) dan PL (personal loan).

KTA merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh bank, dimana Anda sebagai nasabah bisa meminjam uang tanpa ada jaminan seperti sertifikat rumah, BPKB, dan sebagainya.

Keuntungan yang didapat melalui KTA diantaranya persyaratan yang mudah, tidak menggunakan agunan atau jaminan, suku bunga yang tetap, dan jangka waktu pengangsuran yang panjang mencapai 60 bulan.

Namun dalam memilih pinjaman tanpa agunan Anda perlu cermat agar bunga yang harus Anda tanggung tidak menjadi sangat besar.

Sehingga Anda merasa sangat terbebani. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih pinjaman tanpa agunan:

1. Memilih bank yang memiliki reputasi baik.

Untuk mengetahui reputasi bank, Anda harus melihat jumlah nasabah, jumlah karyawan serta informasi yang mudah dari bank tersebut. Setiap bank juga memiliki limit kredit dan persyaratan kredit yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Pilihlah bank yang persyaratan kreditnya dapat Anda penuhi dan tentu saja harus kredibel.

2. Anda harus memilih bank dengan suku bunga terendah.

Bandingkan suku bunga dari bank yang akan Anda ajukan KTA. Pilihlah bank dengan suku bunga yang paling rendah. Hal ini penting dalam memilih pinjaman tanpa agunan sebab semakin besar suku bunga yang dibebankan, maka akan semakin besar pula cicilan yang harus Anda bayarkan.

Dalam penghitungan bunga, di Indonesia menggunakan jenis Annuity, flat, dan effective. Biasanya bunga paling kecil yang diterapkan dalam sebuah bank adalah sebesar 1% per bulan.

3. Jika Anda memiliki kartu kredit akan lebih mudah.

Pihak bank akan lebih mudah menyetujui pengajuan kredit tanpa agunan dari nasabah yang memiliki kartu kredit. Sebab, akan lebih mudah bagi pihak bank dalam melacak histori pemakaian kartu kredit Anda. Pastikan usia kartu kredit Anda telah melebihi satu tahun.

4. Sesuaikan jumlah pinjaman dengan kebutuhan dan kemampuan.

Hal ini penting untuk dilakukan sebab pinjaman yang Anda lakukan harus sesuai dengan jumlah uang yang Anda butuhkan. Usahakan dalam mengajukan pinjaman tidak melebihi kemampuan dalam membayar cicilannya setiap bulan.

5. Pilihlah jangka waktu yang sesuai.

Saat memilih pinjaman tanpa agunan dari sebuah bank, Anda akan ditawarkan untuk memilih jangka waktu pembayarannya. Biasanya jangka waktu yang diberikan adalah sekitar satu sampai lima tahun. Anda harus memilih jangka waktu yang sesuai dengan kemampuan Anda dalam proses penyicilan.

Namun, usahakan untuk tidak memilih waktu yang terlalu lama, sebab semakin lama Anda mencicil KTA semakin besar pula bunga yang harus dibayarkan. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan kerugian.

6. Pertimbangkan biaya tambahan.

Sebelum memilih pinjaman tanpa agunan ada baiknya Anda mencari tahu tentang biaya tambahan yang harus Anda tanggung.

Berikut ini daftar biayanya:

  • Biaya bunga.
  • Biaya provisi yaitu biaya administrasi yang akan dipotong dari jumlah uang yang Anda pinjam. Sehingga uang yang Anda terima tidak akan sesuai jumlahnya dengan jumlah yang Anda ajukan. Jumlahnya biasanya sesuai dengan jumlah pinjaman.
  • Biaya di muka yaitu biaya yang harus Anda bayarkan sekitar 1,5% sampai 5% dari jumlah pinjaman. Namun, biaya ini adalah biaya diluar pinjaman.
  • Biaya meterai yaitu tanggungan biaya yang harus dibayarkan untuk semua kebutuhan meterai selama perjanjian.
  • Biaya jika pelunasannya dipercepat adalah biaya yang harus dibayarkan jika Anda mempercepat pelunasan kredit. Hal ini sebagai konsekuensi Anda tidak menepati masa perjanjian tenor yang telah menjadi kesepakatan pihak bank dan debitur.
  • Biaya jika Anda terlambat membayar cicilan. Untuk itu sebaiknya dalam pembayaran Anda harus selalu tepat waktu agar memilih pinjaman tanpa agunan tidak merugikan Anda.

7. Proses pencairan yang cepat.

Dalam memilih pinjaman tanpa agunan Anda harus memperhatikan hal kecepatan pencairannya. Carilah informasi terkait berapa lama proses yang harus dilewati setelah pengajuan kredit dilakukan. Semakin cepat prosesnya semakin baik.

Untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan dokumen seperti fotokopi KTP, NPWP, slip gaji atau SIUP bagi pengusaha.
  2. Daftar via online atau langsung datangi bank yang akan Anda ajukan KTA.
  3. Isi formulir yang telah disediakan oleh pihak bank.
  4. Setelah mendaftar, bank akan melakukan verifikasi untuk mengecek persyaratan yang telah dilengkapi.
  5. Terakhir, Anda cukup menunggu pihak bank menghubungi Anda. Jika pengajuan KTA diterima maka Anda bisa menunggu proses pencairannya selama satu sampai dua minggu.

Memilih pinjaman tanpa agunan memang bisa dijadikan solusi bagi Anda yang sedang membutuhkan dana. Namun, jadikan ini sebagai opsi terakhir sebab biaya bunga dan administrasi yang harus ditanggung nasabah sebenarnya sangat besar.

Usahakan jangan melakukan pinjaman tanpa agunan jika dalam keadaan yang tidak terlalu terdesak.